June 22, 2024

LBIA

Camp 3 bulan, Kursus 2x sepekan, Ramadhan Camp, Kos Langsung Kursus

2 Guru dan 89 Santri Ponpes Syafa’aturrasul Ikuti Camp Bahasa Inggris 2 Bulan di LBIA

Pondok Pesantren Syafa’aturrasul Teluk Kuantan Riau kembali mempercayai LBIA Kampung Inggris Beringin Taluk untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris bagi 89 santri/wati dan dua orang pembina asrama. Program camp dua bulan yang diselenggarakan oleh Lembaga Bahasa Inggris & Arab (LBIA) ini dilaksanakan pada tanggal 15 Mei hingga 14 Juli 2022.

Pimpinan LBIA, Mr. Seprion, M.Pd menjelaskan bahwa pembelajaran anak-anak camp dilakukan dalam 7 sesi perhari. Sesi pertama (setelah shalat subuh berjamaah di masjid) adalah kelas expressions. Sesi kedua dan ketiga (7:30 sd 10:30): kelas grammar. Sesi keempat dan kelima (10:45 sd 12:00, 14:00 sd 15:30) adalah sesi untuk berlatih percakapan. Sesi keenam (16:00 sd 17:00) merupakan kelas public speaking, di mana anak-anak berlatih choral speaking dan roleplay. Sesi ketujuh (setelah shalat isya) adalah kelas expressions. Itulah kegiatan anak-anak setiap Senin sd Jum’at, adapun Sabtu Ahad adalah waktu belajar mandiri dan evaluasi, jelas Seprion.

Idealnya kegiatan camp ini dilaksanakan selama enam bulan, dengan pembagian tiga bulan di tahun pertama dan tiga bulan di tahun berikutnya. Pada tiga bulan pertama, peserta camp ditargetkan memiliki kemampuan percakapan sehari-hari dengan pemahaman grammar dasar, yaitu 16 tenses dalam bentuk kalimat verbal dan nominal. Sedangkan tiga bulan berikutnya, peserta camp sudah bisa mengaplikasikan teori pronunciation dengan kemampuan melafalkan phonetic symbol, words connection, serta perubahan-perubahan bunyi dalam bentuk strong form dan weak form. Di samping itu, peserta camp juga sudah memiliki kemampuan menampilkan story telling, prepared speech, dan sudden speech (impromptu) dalam bahasa Inggris.

Pada tahun 2021, LBIA juga menyelenggarakan program kemitraan dengan pondok pesantren Syafa’aturrasul dalam bentuk bimbingan tutor sebaya. Teknisnya adalah: LBIA memberikan pembekalan mengajar bagi 21 santri dan santriwati yang berperan sebagai tutor sebaya bagi rekan-rekannya. Para tutor sebaya belajar pada Senin sore untuk mengajar di Selasa pagi, begitu seterusnya setiap hari Senin sd Jum’at selama satu bulan. Alhamdulillah program ini berhasil, ujar pimpinan pondok, Dr. KH. Hamdani Purba, Lc, MA. Untuk itu, kami ingin kerjasama dengan LBIA dapat berlanjut terus, sehingga mayoritas anak kita bisa berbahasa Inggris di lingkungan pondok, seperti halnya mereka sudah berbahasa Arab.