June 22, 2024

LBIA

Camp 3 bulan, Kursus 2x sepekan, Ramadhan Camp, Kos Langsung Kursus

Pimpinan LBIA menjadi pemandu dan penerjemah dalam Simposium Internasional Kemenag RI

Seprion S.Ag, M.Pd kembali berperan sebagai pemandu dan penerjemah bahasa pada simposium internasional, khususnya bagi nara sumber luar negeri pada ISOE 2 yang diadakan GTK Madrasah Kemenag RI. ISOE 2 yang diadakan pada tanggal 18-20 Mei 2022 ini menghadirkan enam pembicara asing yang berasal dari Amerika, Australia, dan Prancis.

Jam: menit: detik = 1:49:30 dan 4:29:40

Berbeda dari ISOE 1 yang diadakan tahun 2021, kali ini simposium menggunakan Metaverse dalam bentuk Madrasah Land. Dengan aplikasi ini para peserta dapat mengakses dan langsung berada di ruangan pertemuan dalam bentuk tiga dimensi, menggunakan VR Box. Sesuai dengan tema simposium “Digitalisasi Pendidikan di Era Metaverse”, Dr. Ainurrafiq mengatakan bahwa ke depan Madrasah Land ini akan dikembangkan ke madrasah-madrasah yang ada di Indonesia. Sebagai pilot project, madrasah pertama yang akan dimulai digitalisasi madrasah landnya adalah MAN IC Serpong.

Simposium internasional kedua Kementerian Agama ini juga menghadirkan 20 pemakalah terbaik, hasil seleksi dari pemakalah-pemakalah yang berasal dari guru dan tenaga kependidikan se_Indonesia. Acara dilakukan secara online, tetapi pelaksananya dihadirkan di hotel Yuan Garden Jakarta Pusat. Para pelaksana ISOE 2 ini terdiri dari tim Jurnal Madaris, tim Madrasah Land, tim Bahasa Internasional dan tim IT GTK Madrasah Berbagi.

Seprion yang mendapatkan anugerah Guru Inspiratif Pendidik Multi Bahasa dari Menteri Agama pada Januari 2022 ini adalah ketua tim Bahasa Internasional GTK Madrasah Berbagi. Keterlibatannya dalam simposium adalah sebagai pemandu (moderator) dan penerjemah bahasa asing ke bahasa Indonesia. Di samping Seprion, juga hadir sebagai pemandu dan penerjemah tim Bahasa Internasional antara lain: Antonius dari Pekanbaru, Trisnawati dari Jakarta, Wulida dari Banyuwangi, Trisnawati dari Gorontalo, Hermin dari Palu, dan Frau Dian dari Madura.